Pelanggan Yth.,

Selamat anda mendapatkan Jaguar S-type dari Pepsodent. Sebagai bukti identitas diri yang sah, segera kirimkan gigi dan gusi anda sebelum tanggal 9 Februari 2008 jam 12.00 WIB ke PO. Box 15 JKS. Seluruh pajak undian ditanggung oleh PT. Unilever Tbk., pemenang tidak dikenakan biaya apapun.

Diumumkan kepada khalayak ramai. Sebuah televisi swasta nasional saat ini sedang membutuhkan tenaga ahli dengan kemampuan khusus. Pendidikan minimal S2 atau lebih diprioritaskan yang sudah S3 (doktor) terlebih yang sudah berpengalaman. Kepada yang memenuhi syarat akan diberikan gaji pokok 7,5 juta/bulan dengan mendapat fasilitas rumah dinas dan kendaraan roda empat beserta supir. Adapun kemampuan khusus yang dibutuhkan saat ini adalah “Pengisi Suara Dengungan saat televisi off-air alias tidak siaran!”

Pada sebuah kunjungan Menteri pada era kepemimpinan Habibie ke sebuah pesantren di Jawa Timur, terjadilah sebuah dialog antara sang Menteri yang menyandang gelar Profesor Doktor dari sebuah perguruan luar negeri favorit dan dikenal sebagai tokoh penting dalam Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dengan Kyai, sang tuan rumah. “Pak Menteri ini putra saya, ahmad Hafid. Ia baru berusia 15 tahun tapi sudah hafal al-Qur`an 30 juz!” kata sang Kyai memperkenalkan anaknya pada sang Menteri. “Wah bagus!”, jawab sang Menteri. “Kalau sudah 30 juz, lanjut sang Menteri, berarti tinggal berapa juz lagi?” Sang Kyai, “astaghfirullah…!”

Sewaktu BJ. Habibie menjadi presiden, ia berambisi membuat jembatan penghubung antara Surabaya dan Madura yg kemudian dikenal dg Jembatan Suramadu. Untuk memuluskan rencananya tersebut, pendekatan ke berbagai tokoh masyarakat yg berpengaruh gencar dilakukan, utamanya para pimpinan pondok pesantren. Suatu ketika saat pertemuannya dg beberapa kyai berpengaruh di Madura, terjadilah sebuah dialog. Sebelum dibuka tanya jawab, dg gaya yg meledak-ledak diiringi dg pelototan matanya, Habibie menceritakan bgm kemajuan teknologi yg dicapai oleh negara Barat. Berkat kecanggihan teknologinya, kata Habibie, mereka sudah bisa terbang ke bulan. Sementara kita masih sangat jauh tertinggal, ibarat mereka sudah berlari jauh sedang kita masih duduk bermalas-malasan sambil melamun. Mendengar penjelasan itu, kontan seorang kyai bertanya pada Habibie. “Pak Habibie, kenapa kok cuma sampai di bulan, kok tidak terus ke matahari sekalian?” Mendengar pertanyaan itu, Habibie tersenyum penuh maklum dan prihatin. Dengan gaya yg meyakinkan, Habibie kembali menjelaskan bhw hal itu “impossible” terjadi, sebab baru jarak sekian ribu kilo waktu perjalanan, pesawatnya sudah hangus terbakar. Gantian para sang kyai tersenyum maklum dan prihatin mendengar alasan yg dikemukakan Habibie. Laiknya ngajar santri di masjid, sang kyai menjelaskan. “Bapak Presiden yth., mohon maaf sebelumnya, andaikan para tehnokrat Barat itu pernah jadi santri mondok di pondok pesantren, saya yakin mereka bisa terbang ke matahari!” Mendengar jawaban yg tenang penuh percaya diri itu, sontak Habibie menyela, “Lo, bagaimana bisa kyai?” Bukankah matahari adalah planet yg memproduksi panas. Panas matahari itu…bla…bla…jadi tdk mungkin itu terjadi kyai!” Masih dengan senyum tersungging, sang kyai menjawab, “Bapak Presiden yth., dalam kitab kuning hal itu sudah diterangkan panjang lebar. Nggak usah yg tinggi-tinggi cukup kitab fiqh standar semisal fathul qarib sudah ada!” Habibie semakin penasaran dan tambah lebar pelototan matanya. “Apa betul kyai?” tanyanya penuh nafsu. “Betul pak presiden!” jawab sang kyai tegas meyakinkan. “Wah ternyata Islam hebat sekali ya, saya baru menyadari hal ini!” gumam Habibie penuh takjub. “Bagaimana penjelasannya kyai, saya ingin mengaji?” sergap Habibie spontan. “Dalam seluruh kitab kuning, khususnya kitab fiqh”, jelas sang kyai, “pasti ada satu bab yg menjelaskan tentang kaifiyatus safar atau tata cara bepergian”. “Lalu apa hubungannya dengan matahari kyai?” tanya Habibie semakin heran. “Jadi”, lanjut sang kyai tanpa menghiraukan pertanyaan Habibie, “kalau ingin bepergian dengan tidak usah meng-qadla (:tertinggal) shalatnya dan terhindar dari panasnya sengatan matahari, maka ia harus berangkat setelah shalat isya` dan kembali pulang sebelum shubuh….!”

Di kampung Rakrungu, terdapat dua orang yang sama-sama terganggu pendengarannya, Mat Tuli dan Kaji Budeg. Sepulang dari menunaikan ibadah haji bulan lalu, Kaji Budeg tampak rajin menunaikan ibadah shalat berjamaah di musholla kampung, al-Sami’. Suatu ketika Kaji Budeg seperti biasanya, berangkat menunaikan shalat maghrib berjama`ah di musholla kampung. Di persimpangan menuju musholla ia berpapasan dengan Mat Tuli, terjadilah dialog berikut: “Assalamualaikum wak Kaji” sapa Mat Tuli seraya mengangkat tangan kanannya. “O, baik-baik saja, sampean mau kemana?” balas Kaji Budeg pada Mat Tuli. “Ow, saya kira sampean mau ke musholla, lantas mau kemana kok bawa sajadah segala?” tanya Mat Tuli penuh keheranan dengan perkiraannya sendiri. “Oh tidak, saya hanya mau ke musholla kok, biasa ikut shalat berjamaah!” Jawab lugas Kaji Budeg melihat wajah kebingungan Mat Tuli. “Eyalah, saya kira mau ke musholla kok bawa-bawa sajadah segala!” tukas Mat Tuli lega…

Hallo, sobat, BBM naik, hidup tambah SIMANUNGKALIT, pendptan MANURUNG, banyak SIHOTANG, tak ada lagi HARAHAP, keadaan semakin GINTING, kepala pusing sampai SIBUTAR-BUTAR, rambut rontok nyaris POLTAK. Jumlah rakyat miskin sdh PANGARIBUAN, anak2 nangis MARPAUNG-PAUNG otak sdh SITOMPUL, tapi kita masih saja diminta sabar SITORUS, jangan putus HARAHAP, katanya mintalah PARLINDUNGAN, supaya BONAR-BONAR selamat tapi alhdulil 4JJI msh bisa hirup udara SIREGAR, pendapatan NAPITULU. Jangan lari, awas ada RAJA GUK-GUK. ooh… alah, BUTEEEEET…..

Tebak-Tebakan

apa beda Megi Z sama tukang sayur?
kalo Megi Z teriak ‘teganya-teganya’ , kalo tukang sayur ‘togenya-togenya’

kenapa di komputer ada tulisan ENTER?
karena kalo tulisannya ENTAR, programnya ‘ngga jalan-jalan, dong…..

apa bahasa Arabnya orang jatuh dari lantai 100 sebuah gedung?
innalillahi wa inna ilaihi rojiun

binatang apa yang paling panjang?
ular ngantri beras

kenapa gorila lubang hidungnya besar?
karena jari-jarinya juga besar, biar pas buat ngupil

ikan apa yang lahir langsung disiksa ibunya?
ikan lohan (liat aja kepalanya benjol)

kenapa batman pake topeng?
karena malu celana dalamnya keliatan

siapa nama orang Bali yang hobi travelling?
Made (Made in Japan , Made in China , Made in Thailand )

apa persamaan Pangeran Diponegoro dengan RA Kartini ?
sama-sama enggak punya handphone

siapa presiden RI yang paling seksi?
Paha Bibi

siapa wanita paling kuat sedunia?
Nyonya Meneer, berdiri sejak 1812

apa beda onta dan kangkung?
kalo onta di arab, kalo kangkung di urap

apa persamaan KTP dan telor asin?
sama-sama di cap stempel

kenapa dokter kalo ‘mo operasi mulutnya ditutup?
karena kalo matanya yang ditutup ‘ngga keliatan dong….

apa bukti wortel baik untuk kesehatan mata?
pernah liat kelinci pake kacamata?

apa bahasa Indianya bumbu dapur?
tumbar miri jahe

binatang apa yang warnanya h ita m-putih- merah?
zebra masuk angin abis dikerokin

nenek siapa yang jalannya loncat-loncat?
neneknya kodok, neneknya kangguru, neneknya kelinci…..

kenapa air laut asin?
karena ikannya pada keringetan

mangga apa yang mengerikan?
MANGGAruk-garuk pantat singa

profesi apa yang ‘ngga perlu sekolah?
wasit tinju, cuman ngitung dari 1 sampe 10 doang

mengapa dalam bahasa Inggris wan ita disebut WOMAN?
karena saat Adam melihat perempuan pertama kali, yaitu Hawa,

ia berkata : “Wou…….man. ……!!!

ayahnya orang Bali, ibunya orang Betawi, siapa nama anaknya?
I Made Gede Amat

ikan apa yang matanya banyak?
ikan teri sekilo

mengapa gunung berapi meletus?
karena kalo mencair namanya gunung es

kentutnya Ade Ray bunyinya gimana?
brotot…… .brotot.. …..brotot. ……

kunci apa yang bisa bikin orang joget?
KUNCI-KUNCI HOTA HE

siapa nama orang Jepang yang lahir di puncak Gunung Merapi saat gunung meletus?
Kurasa Takada

apa yang bunyinya Bak! Buk! Bak! Buk! Dor! Dor! Dor?
tukang balon lagi berantem

hantu apa yang pinter ngitung?
han, tu, tri, four, five……..

ayam apa yang paling kejam?
ayam mbakar wong Solo

100 huruf “Je”

Satu hari Sultan merasa sungguh “boring n bete abis”, jadi dia
Tanya Bendahara, “Bendahara, siapa paling pandai saat ini?”
“Abunawas” jawab Bendahara. Sultan pun manggil Abunawas n baginda bertitah : “Kalau kamu pandai, coba buat satu cerita seratus kata tapi setiap kata mesti dimulai dengan huruf ‘J’.

Terperanjat Abunawas, tapi setelah berfikir, diapun mulai bercerita:

Jeng Juminten janda judes, jelek jerawatan, jari jempolnya jorok. Jeng juminten jajal jualan jamu jarak jauh Jogya-Jakarta. Jamu
jagoannya: jamu jahe. “Jamu-jamuuu. .., jamu jahe-jamu jaheee…!”
Juminten jerit-jerit jajakan jamunya, jelajahi jalanan.

Jariknya jatuh, Juminten jatuh jumpalitan. Jeng Juminten
jerit-jerit: “Jarikku jatuh, jarikku jatuh…” Juminten jengkel,
jualan jamunya jungkir-jungkiran, jadi jemu juga.

Juminten jumpa Jack, jejaka Jawa jomblo, juragan jengkol, jantan,
juara judo. Jantungnya Jeng Juminten janda judes jadi jedag-jedug.
Juminten janji jera jualan jamu, jadi julietnya Jack.

Johny justru jadi jelous Juminten jadi juliet-nya Jack. Johny juga
jejaka jomblo, jalang, juga jangkung. Julukannya, Johny Jago Joget.
“Jieehhh, Jack jejaka Jawa, Jum?” joke-nya Johny. Jakunnya jadi
jungkat-jungkit jelalatan jenguk Juminten. “Jangan jealous, John…”
jawab Juminten.

Jumat, Johny jambret, jagoannya jembatan Joglo jarinya jawil-jawil
jerawatnya Juminten. Juminten jerit-jerit: “Jack, Jack, Johny jahil, jawil-jawil! !!” Jack jumping-in jalan, jembatan juga jemuran. Jack jegal Johny, Jebr eeet…, Jack jotos Johny. Jidatnya Johny jenong, jadi jontor juga jendol… jeleekk. “John, jangan jahilin
Juminten…! ” jerit Jack. Jantungnya Johny jedot-jedotan, “Janji,
Jack, janji… Johnny jera,” jawab Johny. Jack jadikan Johny join
jualan jajan jejer Juminten.

Jhony jadi jongosnya Jack-Juminten, jagain jongko, jualan jus
jengkol jajanan jurumudi jurusan Jogja-Jombang, julukannya Jus
Jengkol Johny “Jolly-jolly Jumper.” Jumpalagi, jek……..! !!
 
Jahirnya Jultan jerasa jenang jengan jerita jitu  (^_^)

Jeringatan : Jangan joba-joba

jikin jerita jayak jini jagi ja…!!!


JUSAH…!!!

to be continued…